Post

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung akan menyelenggarakan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) tingkat Provinsi Tahun 2024, dengan penjelasan sebagai berikut : 

1.   Seleksi

a.   Seleksi dilaksanakan secara berjenjang dari Kabupaten/Kota;

b.   Tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota masing-masing;

c.   Peserta seleksi  calon  Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) diambil dari hasil terbaik seleksi Tingkat Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan surat Keputusan lulus seleksi dari Dinas Pemuda dan Olahraga;  

2.   Calon Peserta Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Tahun 2024 diambil dari utusan masing-masing Kabupaten/Kota dengan jumlah sebagai berikut:

a.   Kota Bandar Lampung                       : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

b.   Kabupaten Lampung Selatan            : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

c.   Kabupaten Tanggamus                      : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

d.   Kabupaten Pesawaran                      : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

e.   Kabupaten Lampung Tengah            : 1 putra  dan 1putri                 =  2 orang

f.     Kabupaten Lampung Timur               : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

g.   Kabupaten Lampung Utara                : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang  

h.   Kabupaten Lampung Barat                 : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

i.     Kabupaten Way Kanan                      : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang             

j.     Kabupaten Tulang Bawang                : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

k.   Kabupaten Pringsewu                         : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

l.     Kabupaten Tulang Bawang Barat       : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

m. Kabupaten Mesuji                               : 1 putra  dan 1 putri                 =  2 orang

n.   Kota Metro                                           : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

o.   Kabupaten Pesisir Barat                      : 1 putra  dan 1 putri                =  2 orang

 

                                 Jumlah                                                 : 15 putra  dan 15 putri            =  30 orang

                               3.       Warga Negara Indonesia (WNI);

4.       Berusia 16-30 tahun;

5.       Pendidikan minimal SMA/sederajat;

6.       Belum Menikah;

7.       Mampu berbahasa inggris (lisan maupun tulisan);

8.       Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba;

9.       Belum pernah mengikuti PPAP;

10.    Tidak pernah terlibat tindakan kriminal dan atau diijatuhi hukuman berdasarkan keputusan pengadilan, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (setelah dinyatakan lulus seleksi);

11.    Merupakan peserta BPJS kesehatan aktif, dibuktikan dengan kartu JKN-BPJS atau kartu Indonesia Sehat/ KIS (fotocopy 2 lembar);

12.    Bersedia ditempatkan di wilayah yang ditentukan diluar provinsi asal;

13.    Memiliki dan menggunakan akun media social secara positif dan aktif, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll;

14.  Telah atau sedang melakukan kegiatan pengembangan pemuda/masyarakat, yang di buktikan dengan laporan tertulis dengan melampirkan bukti dokumentasi dalam bentuk foto, media social dan atau liputan media (dilampirkan dalam berkas pendaftaran);

15.  Memiliki wawasan dan komitmen kebangsaan yang tinggi dan memahami dasar-dasar empat pilar kebangsaan;

16.    Cinta tanah air serta memiliki pengetahuan yang luas mengenai isu-isu nasional dan internasional;

17.    Menguasai salah satu jenis keterampilan kesenian;

18.    Memiliki minat yang kuat dan pengetahuan dasar yang jelas tentang tema-tema yang relevan dengan tema khusus PPAP;

19. Memiliki keterampilan komunikasi: keterampilan berbicara didepan umum yang kuat, kemampuan mengartikulasi ide dengan jelas secara tertulis, dan mendengarkan secara aktif untuk diskusi yang efektif;

20. Wajib melakukan/melanjutkan Post Program Activity (PPA) di berbagai bidang (sebagai contoh : aktivitas sosial, seni budaya, kewirausahaan, olahraga, dll) di tingkat provinsi, nasional atau internasional, yang dibuktikan dengan memberikan melaporkan PPA            ke Organisasi Perangkat Daerah Tingkat Provinsi yang menangani Bidang Kepemudaan dan Kemenpora;

21.  Bersedia berkontribusi aktif dalam mengembangkan organisasi alumni PPAN di Provinsi Lampung termasuk menyiapkan calon peserta program selanjutnya;

22.   Pengiriman berkas calon peserta seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Tingkat Provinsi paling lambat tanggal 30 April 2024 ke Panitia Seleksi;

23.   Seleksi Tingkat Provinsi Lampung direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 06 Mei 2024 bertempat di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung;

24.  Hasil Seleksi Daftar nominasi 10 besar hasil seleksi yang ditandatangani oleh tim seleksi berdasarkan peringkat hasil seleksi akan diserahkan paling lambat tanggal 15 Mei 2024, ke Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga RI di Jakarta;

25.  Dispora Kab/Kota Se-Provinsi Lampung dapat menyiapkan calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) melalui seleksi Kab/Kota;

26.    Selanjutnya bila ada perkembangan akan di informasikan dalam kesempatan pertama;

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi : Contact Person Nurlela, S.Sos (085269066903), Mersi Effendi  (085279836817)